Sabtu, 20 November 2010

Upacara Pembukaan Masa Orientasi Peserta Didik Baru 2010-2011


Sebongkah harapan dari para peserta didik baru 2010-2011 mulai terpancar tatkala genderang pembukaan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (Mopdik) dimulai.  Kemeriahan selalu tercipta saat upacara pembukaan pada setiap tahunnya, tentunya dengan kreatifitas paar panitia (Laskar Macan Sakti).
Tahun ini (2010-2011), pembukaan mopdik ditandai dengan upacara dengan pelepasan balon udara sejumlah 40 buah, sebagai simbol bahwa MTs Ma'arif NU 08 Panican telah berusia 40 tahun. Bertindak sebagai Pembina Upacara, Waka Kurikulum Torik Jahidin, S.PdI berpesan kepada peserta didik baru untuk setia mengikuti rangkaian mopdik dengan penuh tanggung jawab.
Sempat terguyur hujan pada malam harinya, lapangan upacara tampak lembab sehingga sedikit menggganggu konsentrasi peserta dan petugas upacara. Seperti biasa pada saat upacara hari penting, pengibaran bendera dilakukan oleh tim Suara Macan (Pasukan Pengibar Bendera MTs Ma'arif NU 08 Panican) yang selama sebulan sebelumnya mengikuti kegiatan pelatihan. Pelatihan tersebut selain Pembina Suara Macan Arif Setiawan, S.Si juga melibatkan para alumni Suara Macan sebagai pendamping seperti ; Putri Nur Rezeki, Syarifah Ruqoyah, Mamdudatun Afriani, Nur Laelatun, Fathur Rohman, Adi Prasetya dan Muslihatun. Dan terbayr rasa lelah selama masa latihan, dimana para petugas bisa melaksanakan tugasnya masing-masing dengan penuh hidmat dan tanggung jawab.
Setiap hari kegiatan mopdik di hari kedua-ketiga diawali dengan apel pagi dengan diikuti peserta didik baru, panitia dan semua guru MTs Ma'arif NU 08 Panican. Setiap tahun panitia membuat sesuatu yang beda, tahun ini setiap peserta didik baru diwajibkan untuk menggunakan topi kertas (putra) dan topi lancip (putri) berwarna hijau. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan keteduhan setiap kegiatan dan kreatifitas. Selain itu peserta juga wajib membawa tas yang terbuat dari plastik berwarna hijau, hal ini untuk keseragaman sehingga tidak akan terjadi kesenjangan sosial antara peserta didik baru. Warna hijau dikandung maksud sebagai pembekalan diri tehadap ideologi Nahdlotul Ulama (NU) atau jati diri laskar Ahli Sunah wal Jama'ah.

Kegiatan Mopdik dilanjutkan dengan rangkaian acara indor dan outdor selama 3 hari (Senin, Selasa dan Rabu) untuk kemudian pada Rabu malam sampai Kamis Siang dilanjutkan dengan acara Makesta.

2 komentar:

  1. Lanjutkan kerja keras tuk mengawal Islam Ahlussunah Waljamaah annahdliyah, karena pengkaderan harus diupayakan sejak dini tuk melawan arus globalisasi dan wahabisasi

    BalasHapus
  2. Allahu akbar...thanks for spirit...

    BalasHapus