Minggu, 13 Februari 2011

Pemilu Raya OSIS

"Pemilu Raya OSIS 2010"

Demokrasi bisa dilaksanakan dimanapun aspek kehidupan berjalan, termasuk dalam proses pembelajaran di lingkungan sekolah. Pembelajaran dasar demokrasi merupakan bagian dari pelaksanaan kurikulum dengan mengedepankan hak aspirasi dari seluruh siswa.Hal inilah yang mendasari pelaksanaan "Pemilu Raya OSIS 2010" di MTs Ma'arif NU 08 Panican. Meski sudah yang kesekian kalinya, penyelenggaraan Pemilu Raya OSIS 2010 memberikan nuansa meriahnya pemberian aspirasi seluruh siswa.
Konsep yang mengilhami penyelenggaraan "Pemilu Raya OSIS 2010" adalah penyelenggaraan Pemilihan Langsung pada Pemilihan Presiden dan Pemilihan Wakil Rakyat. Hal ini bisa terlihat dalam hal teknis pelaksanaan. Dimana Pemilihan Ketua OSIS dipilih dengan surat suara terpisah dengan Pemilihan Pengurus OSIS, sehingga setiap siswa (pemilih) mendapatkan 2 surat suara yang masing-masing berisikan tanda gambar calon ketua OSIS dan surat suara lainnya berisikan nama-nama calon pengurus OSIS 2010-2011.
Beberapa tahapan yang dilaksanakan
  1. Pendaftaran calon Ketua maupun calon Pengurus OSIS, berlangsung selama 1 minggu. 
  2. Penetapan calon Ketua dan Pengurus OSIS sekaligus Pengundian Nomor Urut Calon yang disaksikan oleh Panitia, Calon dan Saksi (perwakilan masing-masing kelas). 
  3. Kampanye. Kampanye dibagi menjadi 2 masa, masa Kampanye Langsung calon Ketua OSIS dilaksanakan pada saat Upacara hari Senin di hadapan seluruh siswa dan guru MTs Ma'arif NU 08 Panican. Diteruskan dengan Kampanye Tempel, dilaksanakan dengan memberikan kesempatan kepada seluruh calon Ketua maupun Pengurus OSIS untuk mengkampanyekan nama, visi dan misinya melalui media gambar ataupun tulisan yang ditempel di depan kelas (kecuali sarana kantor dan alat ibadah)

  1. Masa Tenang, selama 1 hari untuk memberikan suasana tenang dan kondusif menjelang pelaksanaan pemungutan suara
  2. Pemungutan Suara, dilaksanakan pada hari Sabtu. Seluruh siswa dengan cara bergantian antar kelas tanpa menghilangkan jam pelajaran, seluruh siswa memberikan hak suaranya dengan memberikan suara dengan memberikan tanda contreng pada gambar atau nama calon Ketua maupun Pengurus OSIS

  1. Penghitungan Suara, dilaksanakan pada hari yang sama dengan pemungutan suara tapi pada jam setelah KegiatanBelajar Mengajar selesai. Disaksikan oleh para calon maupun saksi dan perwakilan kelas.
  2. Penetapan Ketua dan Pengurus Terpilih, setelah penghitungan selesai dan mendapat pengesahan dari para calon, saksi dan perwakilan kelas akhirnya terpilihlah Ketua dan Pengurus OSIS 2010-2011 secara lengkap
  3. Pelantikan, dilaksanakan secara sederhana tapi hikmat dengan dilantik oleh Kepala Madrasah (Supardi, A.Md) dan kemudian diberi amanah motivasi oleh Waka Kurikulum (Torik Jahidin, S.PdI)




Dua Minggu setelah pelantikan, Pengurus OSIS MTs Ma'arif NU 08 Panican 2010-2011 menggelar Rapat Pleno membahas Program Kerja 2010-2011 dengan arahan panitia dan Pembina OSIS (Arif Setiawan, S.Si).  Dua kali rapat menghasilkan beberapa Program Kerja OSIS MTs Ma'arif NU 08 Panican periode 2010-2011 sebagai berikut :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar